Udayana Dentistry Scientific Competition (UDSC) kembali hadir pada tahun ini dengan mengusung tema β€œTransformation in the Future of Oral Health through Innovation in Dentistry”. UDSC adalah salah satu program kerja di bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang diketuai oleh Ni Kadek Novi Ekayanti, mahasiswi PSSKGPDG angkatan 2020. Β  UDSC 2022 adalah kegiatan perlombaan tingkat nasional di bidang kedokteran gigi dan merupakan UDSC tahun ke-4 yang telah dilaksanakan oleh HMKG FK Unud. Bentuk perlombaan yang dilaksanakan pada tahun ini terdiri dari tiga cabang lomba, yaitu Kreativitas dan Inovasi di Bidang Kedokteran Gigi, Poster Publik, dan Esai Populer. Perlombaan ini diperuntukkan oleh siswa SMA/Sederajat serta mahasiswa program studi kesehatan di Indonesia.

UDSC 2022 dilaksanakan kembali secara semi-offline setelah 2 tahun sebelumnya dilaksanakan secara online akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022 yang bertempat di Ruang Pertemuan (Lt. 3) Gedung RSPTN Udayana, Jimbaran, Bali serta melalui media online berupa Zoom Meeting. Acara ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. dr. I Made Ady Wirawan, S.Ked., M.P.H., Ph.D.

UDSC 2022 diikuti oleh 31 tim se-Indonesia yang berasal dari universitas dan SMA/Sederajat yang berbeda. Adapun hasil juara dari masing – masing cabang perlombaan: 

Cabang Lomba Esai PopulerΒ 

  • Sinta Nuriah Dien dari Universitas Airlangga sebagai Juara I
  • Aanisah Fauziah Nurul Hadi dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara II
  • Ni Putu Rista Pradnya Dewi dari Universitas Udayana sebagai Juara III 

Cabang Lomba Poster Publik

  • Arief Taufiqurrahman dari Universitas Andalas sebagai Juara I
  • I Gusti Ayu Maha Deivy dari Universitas Udayana sebagai Juara II
  • Farhani Amalia Faizal dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara III 

Cabang Lomba Kreativitas dan Inovasi di Bidang Kedokteran Gigi

  • M. Iqbal dari Universitas Andalas sebagai Juara I
  • Rizentya Salsabila dari Universitas Airlangga sebagai Juara II
  • Ni Kadek Wanda Pebriana dari Universitas Udayana sebagai Juara III

Melalui kegiatan kompetisi ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada para peserta lomba sekaligus bisa membawa nama PSSKGPDG FK Unud di kancah nasional. Selamat kepada para pemenang dan jangan lewatkan UDSC 2023!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *