Kegiatan Magang yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun 2021 mengusung tema ”Symphony: Make a Harmony in Diversity to Reach Our Goal”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan organisasi Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HMKG) kepada mahasiswa program studi sarjana kedokteran gigi, memberikan pelatihan dalam kegiatan berorganisasi, khususnya organisasi HMKG, dan menyaring sumber daya manusia yang ada di program studi sarjana kedokteran gigi guna meneruskan organisasi kepengurusan HMKG untuk periode 2022/2023.

Magang HMKG merupakan salah satu program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh bidang PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) sebagai sarana pengenalan dan juga pelatihan mengenai organisasi khususnya HMKG kepada mahasiswa kedokteran gigi. Tahun ini, Magang HMKG diketuai oleh Ni Kadek Novi Ekayanti, mahasiswa PSSKGPDG angkatan 2020. Kegiatan Magang HMKG 2021 berupa pengenalan organisasi HMKG, follow up penugasan, serta pemberian materi kepemimpinan dan keorganisasian meliputi “Decision Making” oleh drg. Putu Ratna Kusumadewi Giri, Sp.KG, “Kolaborasi dalam Organisasi” oleh I Made Jaya Wikantyasa (Ketua HMKG periode 2020/2021), dan “Self Development” oleh Made Yuda Pradnyana, S.KG, serta disertai juga dengan hiburan. Kegiatan ini berlangsung dalam empat kali pertemuan selama empat minggu yang dimulai dari bulan Desember 2021. Dalam kegiatan ini akan diberikan kesempatan bagi mahasiswa PSSKGPDG untuk mengikuti pelatihan menjadi anggota HMKG sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Gambar 1. Penyerahan Piagam Penghargaan Pembicara

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa PSSKGPDG agar lebih mengenal dan dapat memperkenalkan organisasi HMKG ke lingkungan yang lebih luas, dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan dalam kegiatan keorganisasian khususnya HMKG, serta manfaat untuk mahasiswa yang sudah bergabung di kepengurusan periode sebelumnya agar dapat memberikan pertimbangan dalam memilih mahasiswa yang akan menjadi pengurus HMKG periode selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *