Dalam memeriahkan hari jadi Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi (PSSKGPDG), diadakan acara yang bernama Delavida. Delavida berasal dari kata “De” yang diambil dari kata dentistry dan “Lavida” yang berarti jaya. Sehingga, Delavida memiliki arti jaya kedokteran gigi. Kegiatan Delavida VIII terdiri dari beberapa rangkaian acara yang dilakukan secara daring, tak lain dan tak bukan karena adanya pandemi Covid-19.

Delavida VIII diketuai oleh Tarisha Desia Ramadhani, mahasiswa PSSKGPDG angkatan 2019. Tema dari acara ini adalah ”Here Comes the Break of Dawn, Where the Glory is Our to Own”. Acara tersebut meliputi perlombaan internal, bakti sosial, serta hari puncak yang diikuti oleh seluruh civitas akademika PSSKGPDG FK Unud baik dari pihak dosen, pegawai, maupun seluruh mahasiswa tingkat sarjana dan profesi. 

Tujuan utama diadakannya Delavida VIII yaitu memperingati hari jadi Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi (PSSKGPDG) FK Unud, menumbuhkan rasa kekeluargaan antar seluruh civitas akademika PSSKGPDG FK Unud, meningkatkan jiwa solidaritas dan sportivitas seluruh mahasiswa PSSKGPDG melalui kegiatan perlombaan internal, meningkatkan kekompakan dalam satu angkatan maupun antar angkatan di lingkungan PSSKGPDG, serta memberi apresiasi kepada mahasiswa PSSKGPDG yang memperoleh prestasi pada tahun ini melalui kegiatan malam apresiasi di malam puncak.

Lomba internal merupakan kegiatan yang berupa perlombaan yang memungkinkan dilakukan secara daring mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, perlombaan kali ini mengangkat tema “SQUAD GAME” yang merupakan singkatan dari Solidarity, Quality, Unity, and Appreciation Day. Lomba diikuti oleh seluruh perwakilan angkatan mahasiswa sarjana, koas, dosen serta staf PSSKGPDG. Adapun perlombaan yang dilakukan diantaranya lomba Tiktok (dilaksanakan pada Rabu, 1 Desember 2021), lomba Desain Twibbon (dilaksanakan pada Rabu, 1 Desember 2021), lomba Mobile Legend (dilaksanakan pada Jumat, 26 November – Sabtu, 18 Desember 2021) dan lomba PDG Feud (dilaksanakan pada Sabtu, 4 Desember 2021). 

Bakti sosial Delavida VIII dilaksanakan di Panti Asuhan Dharma Jati II yang bertempat di Jalan Trengguli No.80, Penatih, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali pada Sabtu, 11 Desember 2021. Kegiatan baksos dilaksanakan dengan penyuluhan kesehatan oleh alumni PSSKGPDG, perlombaan, serta penyerahan donasi kepada pengelola Panti Asuhan Dharma Jati II. Sedangkan untuk hari puncak yang dilaksanakan Sabtu, 18 Desember 2021, dirayakan dengan acara hiburan yang merupakan persembahan dari masing masing angkatan, pengumuman pemenang lomba internal, talkshow serta kegiatan apresiasi kepada mahasiswa yang telah memperoleh prestasi.

Dengan diadakannya Delavida VIII, diharapkan dapat memberikan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat serta kreativitas mahasiswa PSSKGPDG, dapat memperkenalkan angkatan baru kepada angkatan-angkatan sebelumnya, dan dapat menambah pengalaman mahasiswa yang terpilih sebagai panitia untuk mengatur dan merencanakan suatu kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *