Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari Bangsa Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan tersebut sesuai dengan hati nurani rakyat mencita-citakan terlaksananya kesejahteraan umum yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan yang berkeadilan sosial.

Untuk mencapai cita-cita tersebut, maka mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyatukan diri dalam Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HMKG) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dibentuk dan disahkan pada tanggal 29 Desember 2013 dan merupakan salah satu organisasi mahasiswa termuda yang ada di lingkungan FK Unud. Adapun tujuan didirikannya HMKG FK Unud ini adalah untuk memberikan dan memfasilitasi mahasiswa yang ada di Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi dalam bidang akademik dan non-akademik.

HMKG ini beserta HM lainnya yang ada di lingkungan FK Unud secara struktural memiliki hubungan garis komando dengan BEM FK Unud, sehingga HMKG ini memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab dan berkoordinasi terhadap segala bentuk program kerja yang akan dilaksanakan dengan BEM FK Unud agar program kerja yang direncanakan untuk dilaksanakan tersebut memiliki kesinergisan dan pelaksanaannya berkesinambungan dengan program kerja dari BEM FK Unud dan HM dari program studi lainnya.

Pemilihan Ketua HMKG FK Unud dilaksanakan melalui Pemilu Raya (Pemira), yang juga bersamaan dengan dilakukannya pemilihan Ketua HM dari prodi lainnya. Masa jabatan Ketua HMKG FK Unud adalah selama satu periode (1 tahun) kepengurusan terhitung mulai dari pelantikan sampai dengan pelantikan periode selanjutnya. Pada akhir masa kepengurusannya, Ketua HMKG FK Unud menyampaikan laporan pertanggungjawabannya dalam Musyawarah Mahasiswa (Musma) yang merupakan forum pemegang kedaulatan tertinggi dalam lingkup Himpunan Mahasiswa.