Perayaan Udayana Dentistry Scientific Competition (UDSC) dan Udayana Dentistry Scientific Seminar (UDSS) merupakan sebuah kegiatan di bidang kompetisi dan seminar nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (HMKG FK UNUD) setiap tahunnya. Pada tahun 2021, kegiatan ini diketuai oleh Angelia Winareka Vasya, mahasiswa kedokteran gigi angkatan 2019. 

UDSC kali ini mengusung tema “Preventive and Curative Innovations in Maintaining Oral Health to Achieve Good Physical and Mental Health”. Bentuk dari kegiatan ini berupa tiga cabang perlombaan yaitu literature review, poster publik, dan video edukasi. Perlombaan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi kesehatan di Indonesia dan berlangsung secara online. Waktu diselenggarakannya kegiatan ini mulai dari pendaftaran sampai presentasi karya yaitu dari tanggal 17 April 2021 sampai 24 Juli 2021.Sedangkan, UDSS tahun ini bertemakan “Dental Aesthetic, Crafting The Art of Dentistry” yang terdiri dari dua kegiatan yaitu seminar dan hands on. Seminar nasional dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2021 via zoom meeting. Terdapat tiga pemateri dalam acara ini yaitu drg. Aulia Yudha Prawira, Sp.Perio, drg. Hendargo Agung Pribadi, Sp.KG, dan drg. I Gusti Ayu Kade Ira Purbasari, Sp.Pros.

Gambar 1.

Sesi Pemberian Materi Seminar Oleh drg. I Gusti Ayu Kade Ira Purbasari, Sp.Pros

Gambar 2.

Sesi Pemberian Materi Seminar Oleh drg. Hendargo Agung Pribadi, Sp.KG

Gambar 3.

Sesi Pemberian Materi Seminar Oleh drg. Aulia Yudha Prawira, Sp.Perio

Pemateri drg. I Gusti Ayu Kade Ira Purbasari, Sp.Pros memberikan materi seminar dengan tema “Precision Attachment for Esthetic Removable Denture”. Pemateri drg. Aulia Yudha Prawira, Sp.Perio memberikan materi seminar yaitu “Practical Management of Dentin Hypersensitivity in Office” dan materi hands on yaitu “How Do You Use Gel Desensitizer? Let’s Find Out”. Pemateri drg. Hendargo Agung Pribadi, Sp.KG memberikan materi seminar yaitu “How to Think Simply About Anterior Restoration” dan materi hands on yaitu “Achieving Esthetic Function at Daily Anterior Restoration”. Kegiatan seminar dan hands on juga dilengkapi dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh pembicara dan peserta. Akhir dari acara ini yaitu pembagian doorprize untuk lima peserta yang beruntung. Melalui pelaksanaan serangkaian kegiatan ini, yang dimulai dari kompetisi, seminar, dan hands on diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang berguna baik kepada para peserta, pemateri, maupun panitia pelaksana kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *