Memerahputihkan Udayana dalam Memeriahkan Harmoni Indonesia 2018

Pembukaan Acara Harmonisasi Indonesia 2018 oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) di depan Gedung Rektorat Universitas Udayana, Jimbaran
Pembukaan Acara Harmoni Indonesia 2018 oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) di depan Gedung Rektorat Universitas Udayana, Jimbaran

Harmoni Indonesia dilaksanakan serentak di 49 kota yang tersebar di 34 provinsi pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu. Acara ini merupakan gagasan dari Presiden Ir. H. Joko Widodo dalam rangka memperingati ulang tahun Indonesia ke-73 serta Asian Games 2018. Universitas Udayana yang merupakan salah satu titik kumpul di Bali melaksanakan kegiatan ini di Rektorat Universitas Udayana, Jimbaran.

Ribuan peserta dari berbagai unsur memadati lingkungan rektorat, begitu pula dengan berbagai kegiatan yang diawali dengan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter di halaman Gedung Rektorat Unud, dan pelepasan balon merah putih ke udara. Puncak acara dilanjutkan di Gedung Auditorium Widya Sabha yang diisi dengan tayangan live conference menyanyikan secara serentak lagu kebangsaan dan lagu-lagu perjuangan. Acara juga dimeriahkan dengan Penampilan Band Fakultas Kedokteran, Pembacaan Puisi oleh Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, Parade Pakaian Daerah dan Musikalisasi Puisi oleh mahasiswa Fakultas Imu Budaya Universitas Udayana.

Peserta menyanyikan lagu – lagu kebangsaan
Peserta menyanyikan lagu – lagu kebangsaan

Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) selaku ketua panitia memaparkan bahwa melalui acara ini diharapkan dapat memperdalam makna kebangsaan dengan empat pilar yang harus dimaknai, pertama Pancasila, kedua Undang Undang Dasar 1945, ketiga Bhineka Tunggal Ika. Ketiga pilar ini akan memperkuat pilar keempat dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan serta dapat hidup harmonis di antara sesama. Bulan Agustus merupakan bulan penuh makna. Harapan kami dengan diadakannya acara ini dapat memperkokoh persatuam dan kesatuan merajut dan memperkokoh kebangsaan.

Pembacaan puisi kebangsaan oleh Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Pembacaan puisi kebangsaan oleh Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *