Yuk Intip Keseruan DENTIN 2018!

dentin1-min

Dental Health Promotion and Prevention atau yang lebih dikenal dengan sebutan DENTIN merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. DENTIN kali ini dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018 bertempat di Banjar Perean, Desa Perean, Kecamatan Baturiti, Tabanan.

dentin2-min

Ni Kadek Ayu Lestari Dewi selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan taraf kesehatan gigi dan mulut masyarakat serta siswa SD. Dewi juga menyatakan bahwa kegiatan DENTIN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini mahasiswa co-ass dilibatkan langsung untuk berjaga di pos-pos yang telah disediakan (pos Ilmu Penyakit Mulut, Bedah Mulut, Konservasi, dan Pedodonsia) dengan didampingi oleh para dosen Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universiras Udayana untuk melakukan pemeriksaan kesehatan langsung pada masyarakat. Selain itu mahasiswa-mahasiswa lain juga membantu dalam melakukan screening dan penyuluhan di SD. Total peserta dalam DENTIN kali ini ada 173 orang dengan 39 masyarakat dan sisanya merupakan siswa SD, TK, dan PAUD.

dentin3-min

Menurut Dewi, kegiatan DENTIN tahun ini sudah berjalan dengan cukup lancar walaupun terdapat beberapa kendala.  Dewi berharap agar DENTIN tahun yang mendatang tentunya dapat menjadi lebih baik lagi dari tahun sekarang, semakin banyak ide dan inovasi, serta semoga melalui DENTIN, Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas.

dentin5-min

dentin4-min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *