Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)
HMKG ENERGY Periode 2019/2020

Kepala Bidang :
 Made Yuda Pradnyana               (1702551008)
Anggota :
Ida Ayu Putu Indah Riana                 (1702551013)
Ni Putu Natasha Ayu Rupayasa        (1702551012)
I Made Jaya Wikantyasa                   (1802551001)
 Muhammad Saiful Adhim                 (1802551022)
Destry Nurrahmadhanti                     (1802551033)

Fungsi dan Program Kerja PSDM

  • Upgrading HMKG

Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang berada di bawah naungan Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi. Untuk menunjang HMKG sebagai organisasi yang berkualitas, diperlukan adanya pelatihan dalam keterampilan berorganisasi yang lebih matang. Upgrading HMKG merupakan pelatihan lebih lanjut terkait kepemimpinan dan organisasi yang diadakan setiap awal kepengurusan oleh bidang PSDM. Kegiatan ini  terdiri dari pemberian materi mengenai kepemimpinan dan organisasi oleh pembicara yang berkompeten, talkshow, pemberian masukan dan saran oleh pengurus HMKG periode lama serta nantinya akan diselipkan hiburan berupa games  dan akan diikuti oleh peserta, yaitu pengurus HMKG untuk meningkatkan keakraban dan juga rasa kekeluargaan antar pengurus.
PIC: Natasha

  • Udayana Dentistry Scientific Competition

Udayana Dentistry Scientific Competition (UDSC) merupakan lomba kedokteran gigi tingkat Nasional yang dilaksanakan pertama kali pada tahun 2019. Awal mulanya lomba ini merupakan gabungan dari Udayana Dentistry Scientific Seminar (UDSS) pada tahun 2018 dan barulah pada tahun 2019 UDSC berdiri sendiri sebagai program kerja yang berada di bawah bidang PSDM. Lomba ini memiliki tiga cabang lomba yaitu literature review, public poster dan photo competition. Peserta UDSC merupakan mahasiswa/i S1 kedokteran gigi (preklinik dan klinik) dan mahasiswa/i keperawatan gigi seluruh Indonesia serta masyarakat umum untuk cabang lomba photo competition.
PIC: Dayu

  • Udayana Dentistry Scientific Seminar

Merupakan kegiatan Seminar Nasional dan Hands On Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Perlu diketahui bahwa kegiatan seminar dan hands on
merupakan dua kegiatan yang berbeda. Tidak semua peserta seminar akan mengikuti kegiatan hands on dan semua peserta hands on wajib mengikuti kegiatan seminar, karena kegiatan hands on berhubungan dengan materi yang akan dibawakan oleh salah satu pembicara pada kegiatan seminar. Rentetan kegiatan ini dimulai dari pemberian materi beserta tanya jawab yang akan dipandu oleh seorang moderator dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan hands on.
PIC: Yuda

  • Magang HMKG

Kegiatan Magang Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi 2018 berupa pengenalan organisasi HMKG, pemberian materi keorganisasian dari masing-masing bidang HMKG  oleh pembicara yang akan disisipi dengan hiburan, follow up penugasan, serta presentasi penugasan, dengan tujuan menyaring SDM yang ada menjadi kader-kader penerus kepengurusan HMKG periode 2019-2020 serta membentuk dan melatih kader-kader tersebut agar menjadi SDM yang berguna, tepat, dan mampu menjalankan kepengurusan yang lebih baik lagi.
PIC: Destry

  • Main Bersama HMKG

Merupakan kegiatan pengembangan minat bakat dalam bentuk kegiatan olahraga atau seni sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi yang diikuti oleh semua angkatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan diri antar individu maupun angkatan. Selain itu, untuk mempersiapkan kontingen Kedokteran Gigi dalam kegiatan BEM yaitu PORSEHIPP.
PIC: Wikan

  •  Practice Dentistry Lesson

Practice Dentistry Lesson (PDL) merupakan salah satu program kerja bidang PSDM HMKG FK Unud sebagai sarana pengembangan SDM mahasiswa dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan klinis yang tidak didapat oleh mahasiswa selama perkuliahan. Melalui diadakannya kegiatan PDL diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan klinis mahasiswa kedokteran gigi.
PIC: Abim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *